Nama : Feny An Zaeni
Kelas : 4IA03
NPM : 53413407
Latar Belakang
Komputasi
bermula dengan adanya kegiatan menghitung angka-angka yang telah dilakukan
manusia pada saat zaman dahulu kala, karena pada saat itu tidak adanya alat
hitung yang dapat menghitung dalam jumlah yang besar. Seiring dengan
perkembangan zaman, sekarang ini manusia tidak perlu lagi menulis dengan
bantuan, terutama batu tulis. Karena saat ini mulailah bermunculan alat-alat
perhitungan yang canggih, seperti komputer. Dimana tersimpan sejumlah algoritma
yang dapat membantu manusia dalam membuat suatu keputusan dan masalah lainnya.
Jadi apa itu
komputasi modern?
komputasi modern terdiri dari dua kata yaitu komputasi dan
modern, yang mana komputasi itu dapat diartikan dengan cara untuk melakukan
perhitungan dengan memasukan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah
perhitungan dengan lebih kompleks. Dan modern adalah teknologi yang ada pada
masa kini atau masa yang akan datang.
Komputasi modern
merupakan cara untuk menyelesaikan permasalahan perhitungan dengan cara
menyusun algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer untuk dapat
menyelesaikan suatu masalah. Ilmu Komputasi ini ditemukan oleh John Von Neumann pada tahun 1926,
seorang matematikawan dari Hungaria-Jerman yang memberikan kontribusi penting
di bidang fisika kuantum, analisis fungsional, teori himpunan, ilmu komputer,
ekonomi dan bidang lainnya yang berkaitan dengan matematika.
Implementasi Komputasi Modern
Quipper School merupakan layanan
e-learning gratis yang diciptakan untuk mempermudah tugas guru. Dalam quipper
school guru dapat memberikan tugas sekolah maupun pekerjaan rumah (PR). Quipper
school memiliki ribuan topik yang terdiri atas materi pelajaran dan soal untuk
semua mata pelejaran kelas X, XI, XII, dan saat ini isi materi dalam quipper
school adalah untuk tingkat SMA. Melalui quipper school guru dapat memantau
kegiatan belajar para siswa, karena layanan ini memberikan analisa data
mengenai perkembangan atau pencapaian siswa. Quipper school dapat membantu siswa
terutama yang ingin mejalankan ujian nasional. Quipper school dibagi menjadi
dua, yaitu Q-Link (untuk guru) dan Q-Learn (untuk siswa).
Quipper School Link adalah tempat
dimana guru dapat mengelola kelas secara online dan melihat perkembangan siswa.
hal-hal yang dapat dilakukan guru saat menggunakan quipper school link. Guru
dapat mengirim tugas dan ujian, membuat konten edukasi, melihat dan mengunduh
analisa.
Quipper School Learn adalah tempat
dimana siswa belajar. Platform ini dipenuhi dengan fitur yang membuat belajar
selalu terasa aman dan menyenangkan. Siswa dapat tugas dan pembelajaran umum,
dalam fitur pesan, dan pembelajaran dalam fitur seperti games.
Contoh implementasi sistem:
1.
Sekolah
2.
Learning
Keuntungan: Dengan layanan E-learning
proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Dengan salah satu media yang
digunakan adalah jaringan komputer. Dengan dikembangkannya di jaringan komputer
memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk berbasis website yang dapat
diakses dimana saja. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak
perlu duduk di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru
secara langsung seperti bisanya. Saat ini dengan adanya sitem pembelajaran
dengan E-learning dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan
tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi
atau program pendidikan.
Sumber :
http://adindarahmis.blog.st3telkom.ac.id/2015/11/22/teknologi-informasi-dalam-bidang-edukasi-pendidikan/
https://erarahma.wordpress.com/2015/03/28/komputasi-modern/
http://www.hobzz.com/2016/07/apa-itu-quipper-school.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar